Kamis, 04 September 2008

tujuh gaya seni

Constructivism

Pergerakan konstruktivisme muncul dengan cepat setelah perang dunia I dan juga mendukung penolakan dari semua tradisi sebagai tanda dari “realita baru”. Aliran seni ini pertama kali muncul di Russia pada tahun 1913 dimana seorang pemahat bernama Vladimir Tatlin memulai membuat sebuah pahatan memperhatikan detail suatu subjek yang dipahatnya. Pada tahun 1920, pemahat Antonie Pesvner dan Naum Gabo bekerja sama dengan Tatlin dalam pempublikasian manifesto nyata dari dimana nama konstruktivisme berasal. Seperti Futurisme, mereka mengidolakan mesin dan teknologi, fungsional, dan bahan industri modern. Konstruktivisme sendiri dipengaruhi oleh De Stjil dan juga Bauhaus. Gerakan ini memandang seni individual sebagai hal yang tidak berguna, sehingga mereka mulai menciptakan dan mengkreasikan objek yang memiliki nilai guna, seperti : gedung, teater, poster, tekstil, perabotan, logo, menu, dan lain-lain.

Contoh-contoh:






Tatlin’s Tower atau The Monument to the Third International di Russia















Metal sculpture oleh Naum Gabo
di Rotterdam, Belanda.


------------------------------------------------

Bauhaus

Bauhaus berasal dari kata bauen (to build/mengembangkan / membangun) & Haus (rumah). Berdiri pada tahun 1919 di Republik Weimar (Jerman) yang didirikan oleh Walter Gropius. Ciri utama Bauhaus adalah universal, form follows function, & ‘Less is More’. Beberapa prinsip yang berlaku dalam pengajaran Bauhaus antara lain : dipengaruhi oleh seni ekspresionisme, menggunakan garis Bauhutte, menggabungkan seniman-kriyawan, serta pendekatan rasionalisme & desain untuk mesin. Bauhaus telah memberi kontribusi yang besar pada desain modern, yaitu menciptakan metode pendidikan seni rupa, kriya, desain, dan arsitektur yang terpadu ; serta memberi bentuk yang lebih jelas mengenai apa dan bagaimana desain modern (yang kemudian terkenal dengan sebutan ‘international style’). Tokoh-tokoh Bauhaus lainnya antara lain Johaness Itten, L.Mies Van der Rohe, Marchel Duchamp, Piet Mondrian, Walter Gropius, Marcel Breuer, Lazlo-Moholy Nagy, Herbert Bayer, Jan Tachihold, dan William Addison Dwiggins

Contoh-contoh:














-----------------------------------------------

De Stijl

De Stijl atau dalam Bahasa Inggris the style adalah gerakan seni di sekitar tahun 1920an. Konsep ini berkembang seiring terjadinya perang dunia pertama yang berlarut-larut. Komunitas seni de Stijl kemudian berusaha memenuhi keinginan masyarakat dunia mengenai sistem keharmonisan baru di dalam seni.Berawal dari sebuah nama majalah seni di Belanda yang terbit antara tahun 1917-1931. Tokoh utama pendirinya adalah Piet Mondrian. De Stijl adalah aliran seni yang tidak representasional, tidak ilustratif ataupun naratif. De Stijl menggunakan bentuk-bentuk geometris dengan susunan konstruksi yang sangat teknis. Dilihat dari bentuknya yang demikian dapat disebut sebagai bagian dari aliran seni Eropa yang dinamakan Konstruktivisme.Konsep ini diwujudkan dalam pemikiran utopia. Mereka mewujudkan abstraksi dan keuniversalan dengan mengurangi campur tangan bentuk dan kekayaan warna. Pada awal Mondrian banyak dipengaruhi oleh kubisme yang dibuat oleh Pablo Picasso. Namun kubisme tidak berkembang abstraksi secara optimal sebagaimana yang diinginkan oleh Mondrian. Ini yang menyebabkan Mondrian mengembangkan sendiri abstraksi dengan menghilangkan berbagai jenis garis lengkung sehingga tersisa garis vertikal dan horisontal. Gaya ini yang disebut dengan Neo-Plastisisme. semaksimal mungkinNeo-Plastisisme adalah sebuah gaya dalam De Stijl yang menekankan kelenturan bidang dengan cara memanfaatkan garis vertikal-horizontal dan warna (biru-merah-kuning dan hitam-putih). Mondrian mulai menggunakan istilah ini tahun 1920. Salah satu karya terkenalnya adalah Compasition with Red, Yellow, Blue and Black Composition (1921). Berdasarkan lukisan-lukisan Mondrian ini, seorang arsitek belanda yang diilhami oleh gaya lukisan Mondrian adalah Gerrit Rietveld. Rietveld merancang sebuah rumah beserta interior dan kursinya yang memiliki bentuk dan warna berdasarkan lukisan Mondrian. Rumah tersebut milik Schroeder yang kemudian rumah tersebut dinamai ”Schroeder House” dan kursi rancangannya dinamakan ”Red/ Blue Chair”

Contoh-contoh:















------------------------------------------


Art Deco

Art Deco gaya ini popular pada tahun 1920 hingga 1939, banyak digunakan pada desain arsitektur , desain industri, desain interior, lukisan, seni grafis dan film. Nama Art Deco berasal dari pameran yang berjudul Paris exposition des Art Decoratifs et industries pada tahun 1925 di Perancis. Gaya Art Deco dipengaruhi oleh aliran Kubisme dan Fauvisme serta juga gaya Mesir dan Indian Aztec, Amerika Selatan. Art Deco sangat terkenal dengan mobil, kapal Laut dan pesawat terbang yang dianggap sebagai simbol modernitas. Dalam desain grafis tokoh Art Deco yang terkenal, terutama di Prerancis adalah AM, Cassandre, Jean Carlu. Pada Desain Art Deco banyak mengunakan gradasi warna yang halus serta warna yang mengesankan efek kilauan atau lengkungan logam. Art Deco menyebar di berbagai negara Eropa seperti Perancis, Jerman, Swiss, Italia, Inggris dan Amerika.

Contoh-contoh:

Gedung Chrysler, New York















----------------------------------------------------


Art and Craft Movement


Art and Craft movement Gerakan seni dan kriya atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai art and craft movement adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic,roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.American arts and crafts movement pada awal tahun1900an telah berkembang di eropa dimana seni ini bermulai sebagai revolusi melawan konsekuensi sosial dari revolusi industri dikalangan pekerja.Pemimpin revormasi sosial meliputi designer William Morris, berpengaruh dalam menciptakan estetik baru yang menekankan pada fungsi dan keindahan dari gaya era Victorian. Semangan mereka dalam desain yang bagus terlihat dari konsep mereka dalam kehidupan sosial. Barang-barang manufaktur pada masa itu cenderung berkualitas rendah. Pekerja pabrik dipaksa bekerja dalam kondisi yang brutal. Para revolusiawan memiliki tujuan untuk membangkitkan kembali dari kerajinan tangan tersebut. Kualitas hidup individual pun akan membaik dengan digantikannya hasil-hasil kerajinan tangan yang berkualitas baik.

Contoh-contoh:















--------------------------------------


Art Nouveau

Kata Art Nouveau berasal dari Prancis yang berarti “seni baru”.
Art Nouveau mencakup dalam segala bentuk seni dan design: arsitektur, furniture, glassware, desain grafik, perhiasan, lukisan, pottery, metalwork, dan tekstil. Sebutan Art Nouveau datang dari sebuah galeri di Paris, France, bernama Maison de l’Art Nouveau (House of New Art),yang dibuka oleh seorang pengusaha Prancis bernama Siegfrid Bing. Di Eropa,

- Art Nouveau ini menggunakan beberapa nama:
- Jerman : Jugendstil (gaya muda) dari nama sebuah majalah Die Jugend.
- Austria : Vinna Secession atau Sezessionstil (secession style)
- Italia : Stile Liberty atau stile floreale ( floral style)
- Spanyol : Modernista atau modernisme
- Inggris : Glassgow School

Tokoh-tokohnya dalah Charles Rennie Mackintosh (Inggris), Henry Van de Velde (Austria), seorang arsitek Antoni Gaudi (Spanyol). Karya Art Nouveau: Mucha's Poster for Job Cigarettes Alphonse Mucha, seorang poster desainer dan pelukis berkebangsaan Czech-French, adala sesosok figur yang terdapat dalam seni Art Nouveau pada akhir 1800 dan awal 1900. Dalam poster ini dari iklan Job cigarettes pada tahun 1897, curving tendrils dari bentuk rambut mengambil bentuk pola dekoratif yang merupakan tipikal dari gaya

contoh-contoh:















-----------------------------------

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ini bukan karya asli artnouveau, ini seperti karya tugas mahasiswa mencontoh artnouveau. Padahal banyak sekali contoh karya art nouveau yang orisinal dibuat pada masa art nouveau.